Silabus OSN Kimia Tahun 2019 PDF

Silabus OSN Kimia Tahun 2019 - Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang kimia Kimia adalah sains eksperimen sehingga OSN bidang kimia meliputi ujian Teori dan Praktikum. Kombinasi nilai teori dan praktikum menjadi nilai pencapaian siswa di OSN.

Ujian teori disusun berdasarkan silabus Olimpiade Kimia (terutama kelompok 1 dan 2), serta bila memungkinkan dimasukkan juga kelompok 3 (tidak termasuk spektroskopi ). Kelompok 3 dapat diujikan bila soal yang diberikan memungkinkan untuk dikembangkan lebih mendalam (terutama yang berkaitan dengan termodinamika kimia). Untuk ujian teori ini, bobot nilai adalah 60-70%.

Untuk ujian praktikum, siswa diberikan prosedur melakukan suatu eksperimen sederhana berdasarkan pengetahuan ilmu kimia yang telah dipelajarinya. Eksperimen yang dilakukan adalah eksperimen yang berkaitan dengan kimia fisik, analitik, serta sintesa dasar senyawa organik ataupun anorganik.

Untuk itu, Kemampuan Dasar Teknik Kerja Laboratorium yang harus disiapkan adalah:

  1. Metoda pemanasan di laboratorium, pemanasan dengan refluks;
  2. Pengukuran massa dan volume dengan timbangan elektronik, gelas ukur, pipet dan buret, labu volumetri;
  3. Preparasi dan pengenceran larutan serta larutan standar;
  4. Mengoperasikan magnetic stirrer;
  5. Melakukan reaksi dalam tabung reaksi;
  6. Uji kualitatif untuk gugus fungsi organik (menggunakan prosedur yang diberikan);
  7. Penentuan dengan cara Volumetri, titrasi, menggunakan pipet volimetri;
  8. Pengukuran pH (mengunakan kertas pH atau pH meter terkalibrasi);

Dalam ujian praktikum, siswa diuji ketrampilan serta kemampuannya dalam melakukan observasi, mengumpulkan dan menganalisa data, serta melakukan evaluasi hasil eksperimen dengan kecermatan tinggi. Bobot nilai untuk ujian praktikum ini adalah 30-40%.


Siyllabus kimia disusun berdasarkan pembidangannya yaitu: bidang kimia teoritis/dasar kimia, kimia fisik, kimia anorganik, kimia organik, kimia analitik, biokimia, polimer serta spektroskopi kimia.

Didalam syllabus ini, Klasifikasi Topik-Topik Kimia dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

Kelompok 1 : Topik yang sebagian besar terdapat pada Kurikulum Nasional

Kelompok 2 : Topik yang termasuk sebagai program Kurikulum pada SMA di tingkat Nasional; tetapi walaupun sebagian besar tidak dimasukkan dalam Kurikulum Nasional, diharapkan peserta Olimpiade Kimia Indonesia dapat mempelajarinya.

Kelompok 3 : Topik ini sebagian besar belum/ tidak termasuk dalam program dalam Kurikulum Nasional. Walaupun demikian, peserta Olimpiade Kimia Indonesia dapat mempelajarinya untuk menuju ke Olimpiade Internasional.
Tampilan Silabus OSN Kimia Tahun 2019 PDF


Itulah kiranya preview dari file yang dibagikan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;
Silabus OSN Kimia Tahun 2019 PDF SIMPAN

Belum ada Komentar untuk "Silabus OSN Kimia Tahun 2019 PDF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel