Juknis dan Soal KSM Tahun 2019

Berikut ini kami bagikan Juknis dan Soal KSM Tahun 2019 untuk Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Ibtidaiyah tingkat Madrasah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Tingkat Nasional dalam Format PDF yang bisa didapatkan secara Gratis.

Untuk Petunjuk teknis kami akan bagikan keluaran Tahun 2019, namun untuk soal-soalnya baik tingkat MI, MTs dan MA akan kami bagikan mulai dari tahun sebelumnya karena memang tidak ada soal terbaru untuk lomba tahun 2019 sekarang ini.

KSM adalah?? Apa Tujuan dari Penyelenggaraan KSM? Juknis KSM tahun 2019 Terbaru ? itu merupakan hal mendasar yang harus dipersiapkan apabila ingin mengikuti lomba tersebut. Mari kita simak penjelasan singkat dibawah ini

Juara Lomba  KSM Tahun 2019
gambar ilustrasi Juara Lomba  KSM Tahun 2019


Kompetisi Saint Madrasah (KSM)

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1697 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2019 bahwa KSM atau Kompetisi Sains Madrasah merupakan Ajang Kompetisi Minat dan Bakat bagi siswa Madrasah yang diselenggarakan Direktur Jenderal Pendidikan Islam secara Rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan dimulai dari tingkat Madrasah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Tingkat Nasional.

Perlu diketahui Ada 6 bidang yang dilombakan dalam kegiatan KSM ini diantaranya : Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi sesuai dengan Juknis KSM Tahun 2019.

Tujuan Umum KSM Tahun 2019

Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019 bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehesif melalui penumbuhkembangkan budaya belajar, kreativits, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat, dan menunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai islami dalam memperlajari dan memahami sains.

Tujuan Khusus KSM Tahun 2019

Secara khusus tujuan KSM Tahun 2019 adalah sebagai berikut :
  • Menyediakan wahan bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sainds sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah
  • memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan sporitual berdasarkan nilai-nilai agama.
  • menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah
  • memberikan kesempatan yang sama bagi ssiwa madrasah dalam belajar, bekreatifitas dan berprestasi
Ini merupakan ajang yang sangat bergengsi bagi Siswa/ Siswi Madrasah di seluruh Indonesia mengingat banyak sekali peluang kedepannya untuk bisa mendapatkan bea siswa jika menjadi pemenang di KSM ini.

Karena itu banyak sekali yang harus dipersiapkan dalam menghadapi KSM dan untuk lolos ke tingkat berikutnya, diantaranya dengan latihan-latihan soal secara rutin, mempelajari Kisi-kisi KSM semua bidang yang dilombakan Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Download Soal KSM 

Karena beberapa alasan diatas, kami mencoba membagikan beberapa Soal yang dinggap bisa membantu siswa Madrasah untuk lolos dalam Pelaksaaan KSM tahun 2019 baik di tingkat Madrasah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Tingkat Nasional.

Adapun Soal-Soal yang dibagikan kami kali ini bersumber dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Dirjen Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Dirjen Pendis Kemenag. Maka dari itu ini tidak diperjual belikan. Hanya untuk dibagikan secara Gratis khusus untuk Guru Pembimbing dan Siswa Madrasah yang mengikuti Lomba KSM tahun 2019.

Download Soal Soal KSM Madrasah Aliyah (MA)

Soal KSM MA Bidang Matematika Terintegrasi (KLIK DISINI)

Soal KSM MA Bidang Biologi Terintegrasi (KLIK DISINI)

Soal KSM MA Bidang Fisika Terintegrasi (KLIK DISINI)

Soal KSM MA Bidang Kimia Terintegrasi (KLIK DISINI)

Soal KSM MA Bidang Ekonomi Terintegrasi (KLIK DISINI)

Soal KSM MA Bidang Geografi Terintegrasi (KLIK DISINI)

Download Soal Soal KSM Madrasah Tsnawiyah

Soal KSM MI bidang Matematika Terintegrasi
  • Soal KSM MI Matematika Terintegrasi Tahun 2013 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Matematika Terintegrasi Tahun 2014 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Matematika Terintegrasi Tahun 2015 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Matematika Terintegrasi Tahun 2016 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Matematika Terintegrasi Tahun 2017 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Matematika Terintegrasi Tahun 2018 (DI SINI)
Soal KSM MI Bidang IPA Terintegrasi
  • Soal KSM MI Sains IPA Terintegrasi Tahun 2013 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Sains IPA Terintegrasi Tahun 2014 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Sains IPA Terintegrasi Tahun 2015 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Sains IPA Terintegrasi Tahun 2016 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Sains IPA Terintegrasi Tahun 2017 (DI SINI)
  • Soal KSM MI Sains IPA Terintegrasi Tahun 2018 (DI SINI)
Soal KSM MTs untuk Bidang Matematika, IPA, dan IPS (UNDUH FILE)

Itulah kiranya Informasi dan berbagi file Juknis dan Soal KSM Tahun 2019 pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Apabila ada error link atau saran/ kritik, silahkan sematkan di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Juknis dan Soal KSM Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel